Jumat, 31 Agustus 2012

Menu Sehat untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat


sumber: sudiro.com
 Menu sehat merupakan suatu penunjang bagi kesehatan kita semua. Berbagai resolusi pasti telah Anda rencanakan untuk menghadapi tahap baru. Dan resolusi yang telah direncanakan akan Anda wujudkan untuk memperoleh keberuntungan dan juga kesehatan tentunya. Lalu resolusi seperti apakah yang harus Anda buat agar lebih sehat dan bahagia di tahun 2012 mendatang ?
      Anda dapat melakukan berbagai cara agar menjaga tubuh tetap sehat dan prima. Asalkan pola hidup Anda teratur dan selalu memiliki motivasi untuk hidup sehat. Hindari makanan dan minuman yang tidak baik untuk dikonsumsi bagi tubuh Anda. Dan jika Anda juga menginginkan diet yang sehat, lakukanlah diet sesuai dengan kebutuhannya. Bila Anda ingin mengetahui menu sehat apa saja yang perlu Anda konsumsi ketika ingin berdiet, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan ahli gizi.
      Sehat merupakan harapan siapa pun. Dengan memiliki keinginan untuk hidup sehat pastinya Anda akan terbiasa dengan perubahan hidup yang baru dan memiliki aturan yang berbeda pula dengan pola hidup sebelumnya.
Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam memenuhi menu sehat harian :
  • Lakukan diet dan konsumsi makanan bernutrisi
  • Bila Anda memiliki pola makan yang buruk dan beraktivitas banyak, konsumsilahsmoothies setiap hari agar lebih mudah mendapatkan manfaat kandungan gizi dari campuran aneka buah yang di jus. Jika pola hidup saat ini kurang baik dan Anda ingin merubahnya, maka secara teraturlah mengkonsumsi makanan yang mengandung protein serta karbohidrat. Untuk memenuhi nutrisi tersebut, Anda bisa dapatkan dari buah-buahan dan sayuran. Lakukanlah hal-hal yang jarang Anda lakukan setiap harinya seperti, mengkonsumsi satu porsi buah setiap harinya, sayur, serta mengurangi atau sebisa mungkin hentikan penambahan garam dalam masakan Anda.
  • Jaga kesehatan mental
  • Anda perlu mencoba sesuatu yang baru setelah apa yang dilakukan selama ini menjadi suatu hal yang membosankan bagi Anda. Agar kepercayaan diri Anda lebih meningkat, cobalah dengan mengambil kursus tertentu atau hobi yang disukai. Dengan begitu, otak yang digunakan akan selalu aktif serta menambah jumlah teman.
  • Kesehatan tubuh secara umum
  • Anda yang sehari-hari tidak pernah lepas dari kebiasaan merokok, kini saatnya untuk mendapatkan bantuan dari dokter yang telah merekomendasikan tempat terbaik pada bantuan profesional. Dimana, Anda akan dibantu secara perlahan-lahan menghilangkan sugesti merokok. Memang tidak mudah, namun jika Anda termotivasi untuk hidup sehat maka Anda akan menjalani semua apa yang harus dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda.
    Sementara itu, jaga kondisi tubuh agar tetap sehat dengan berolahraga untuk melatih otak, tangan dan kaki. Lakukan hal tersebut secara rutin agar tidak kehilangan fokus mental Anda. Terlebih untuk menjaga kebugaran otak, latihlah otak Anda dengan selalu membaca buku atau mengisi TTS.
  • Menjaga tubuh tetap bugar
  • Penelitian menunjukkan bahwa dengan mendengarkan musik sambil berolahraga dapat membantu Anda berlatih lebih lama dan aktif. Bila Anda bosan dan jenuh dengan latihan yang itu-itu saja, lakukanlah dengan berbagai variasi latihan atau Anda bisa mencoba beberapa program kebugaran yang sedang populer untuk meningkatkan motivasi dalam berolahraga.
  • Olahraga secara rutin
  • Jika Anda ingin olahraga santai dan tidak terlalu berat, lari merupakan jenis olahraga yang bisa dilakukan setiap hari, kapan saja, dimana saja dan memiliki manfaat yang besar. Untuk variasi, cobalah dengan tidak menggunakan alas kaki atau sepatu. Hal ini untuk meningkatkan ketahanan dan kestabilan pada kaki. Dengan berolahraga dapat meningkatkan energi positif, dan membentuk suasana hati. Cukup lakukan 30 menit dalam sehari, dan rutin dilakukan.
  • Jalani hidup lebih santai
  • Jangan sampai Anda berada dalam sebuah tekanan. Bila Anda dihadapkan pada hal ini, segera tenangkan dan istirahatkan pikiran Anda. Lakukan relaksasi dengan meditasi di tempat yang hening, berjalan-jalan dengan sambil mendengarkan musik, atau rangsang kreativitas Anda untuk melatih kecerdasan kesehatan pikiran. Ini akan membuat Anda jauh lebih tenang, serta emosi dan pikiran pun dapat lebih terkendali.
  • Tidur cukup
  • Dengan tidur yang cukup dapat membantu proses perbaikan sel-sel tubuh yang rusak. Bagi orang dewasa disarankan tidur selama tujuh hingga delapan jam per hari. Hal ini untuk menghindari resiko penyakit jantungm hipertensi, stroke, obesitas serta jenis penyakit kanker.
  • Hentikan merokok
  • Penting untuk Anda ketahui bagi perokok aktif untuk segera menghentikan merokok. Bila dalam waktu 20 menit setelah merokok, tekanan darah dan denyut nadi baru kembali normal. Dan setelah melewati tiga hari Anda tidak merokok, maka nikotin tidak akan terdeteksi di dalam darah dan membuat nafas Anda menjadi lebih lega.
  • Mencoba hal baru
  • Hidup sehat dapat Anda lakukan dengan mencoba hal-hal baru. Dengan mencoba gerakan latihan olahraga yang berbeda dari biasanya atau mencoba menu sehat pada kuliner baru. Tubuh dan pikiran Anda tentu sangat membutuhkan hal-hal baru.
  • Periksa kesehatan secara berkala
  • Kesehatan perlu dijaga dengan baik dan jangan menganggap remeh. Kesehatan yang dijaga dengan baik merupakan langkah bagi hidup Anda untuk menunjang keberhasilan dan kebahagiaan.
  • Selektif memilih makanan
  • Memilih makanan juga sangat penting dalam menjaga kesehatan. Kurangi makanan yang tidak sehat seperti fast food serta makanan yang manis. Jika Anda suka mengemil, lebih baik mengkonsumsi buah-buahan. Dan tidak lupa untuk selalu menghadirkan sayuran dalam menu makanan Anda setiap hari.
Selain menu sehat yang Anda konsumsi setiap hari, tentunya tetap melakukan beberapa hal di atas untuk menunjang kesehatan tubuh Anda agar tetap fit dan kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar